Cukupi Tidur Untuk Keberhasilan Penurunan Berat Badan

Share this history on :
KOMPAS.com - Sering merasa bingung mengapa berat badan belum juga turun padahal sudah olahraga mati-matian? Coba tilik pola tidur Anda. Cukupkah? Karena kalau tidak, mungkin itu penyebab mengapa berat badan belum juga turun.


Para peneliti di Universitas Chicago menemukan bahwa dengan berhutang waktu tidur, sama artinya kita merusak metabolisme tubuh, yang pada akhirnya akan memudahkan lemak masuk dan menetap di tubuh Anda.

Ternyata kekurangan waktu tidur bisa meningkatkan resistensi insulin. Artinya, tubuh tidak menggunakan gula darah dengan seharusnya, sehingga meningkatkan risiko diabetes. Sekaligus juga menurunkan tingkat leptin, hormon yang memiliki peran penting dalam memberi sinyal rasa kenyang. Sehingga, ketika ini berlangsung terus, berat badan pun akan meningkat.

Hal ini akan terjadi ketika kekurangan tidur terjadi kronis, bukan yang sesekali. Tak butuh waktu lama untuk hutang tidur terus menumpuk, efek hormonal ini bahkan bisa terlihat pada mereka yang tidurnya hanya 4 jam per malam selama 5 hari berturut-turut.

Solusi untuk tetap menjaga hormon Anda tetap seimbang adalah untuk menjaga waktu istirahat, saran Lauren Broch, Ph.D., direktur  Sleep Disorder Institute at Good Samaritan Hospital di Suffern, New York. Kebanyakan orang butuh setidaknya 7-8 jam untuk tidur di malam hari.

0 kometar:

Posting Komentar

© 2009 - ALL IN ONE | Design: Choen | Pagenav: Abu Farhan Top
Kembali lagi ke atas