Yang Harus Anda Baca Tentang Lemak

Share this history on :
Lemak merupakan zat yang digunakan sebagai energi utama pada proses metabolisme tubuh. Zat tersebut diperoleh dari makanan atau hasil produksi dari organ hati dan disimpan di dalam sel-sel lemak yang digunakan untuk cadangan energi.Beberapa contoh kegunaan dari lemak adalah dapat pelindung tubuh dari serangan penyakit, sumber energi, pembentuk sel dalam tubuh, sumber asam lemak esensial, menghemat protein yang digunakan, alat angkut vitamin pelarut lemak, memberikan rasa kenyang dan kelezatan, memelihara suhu tubuh, dan sebagai pelumas.


   
Memakan banyak makanan yang mengandung banyak lemak memang sering dihindari oleh 
kebanyakan orang, karena lemak dapat membuat tubuh gemuk dan berpenyakit. Padahal jika kita memakan lemak dengan teratur dapat berdampak baik bagi tubuh kita, sehingga lemak dapat dikomsumsi dengan baik.
Lemak memiliki banyak jenis seperti lemak yang berasal pada hewan dan tumbuhan atau disebut nabati. Kebanyakan orang tidak suka memakan makanan yang mengandung lemak karena pada faktor kesehatan. Padahal semua lemak tidaklah jahat.
Agar dapat menghindari kebanyakan memakan lemak maka diharuskan untuk mengenali jenis lemak yang baik yaitu khusus lemak yang berasal dari hewan. Jika kita kebanyakan memakan makanan yang berlemak akan menyebabkan meningkatnya kolesterol, darah tinggi, diabetes, dan juga masalah berat badan.

Jenis Jenis Lemak

Jenis lemak yang sangat merugikan tubuh diantaranya adalah:
  1. Lemak jenuh. Lemak Jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan membuat stroke dan diabetes tipe 2. Lemak ini tidak akan ada di hewan.
  2. Trans Fat. Lemak ini juga dapat meningkatkan kadar lemak dalam darah, lemak fat sering kali ditemukan di dalam makanan hasil olahan yaitu seperti nugget, sosis, dan kornet.
Kebanyakan lemak jenuh dan transfat akan membentuk padat pada suhu ruangan jika dengan jumlah tinggi. Biasanya lemak ini terdapat pada shortening, daging sapi dan daging babi, serta margarin.
Jenis lemak yang baik untuk tubuh, diantaranya adalah:
  1. Lemak tak jenuh tunggal. Contohnya pada minyak olive, dan minyak canola.
  2. Lemak tak jenuh ganda. Contohnya pada ikan salmon dan minyak zaitun.

0 kometar:

Posting Komentar

© 2009 - ALL IN ONE | Design: Choen | Pagenav: Abu Farhan Top
Kembali lagi ke atas